Minggu, 05 Februari 2012

CACAR UNGGAS
1.1.Pengenalan
            Cacar unggas sata fowl pox adalah penyakitmenular yang disebabkan oleh virus.penyakit ini menyerang jenis unggas dari segala umur terutama ayam dankalkun. secara relative penyebarannya lambat. Penyakit ini dapat terjadi dalam bentuk kering dengan lesi padakulit gambar 1 a) dan dalam basah dan lesi difterik pada mulut,kerongkongan,(gambar 1 b) dan  esophagus.
 gambar 1

        gambar 1 a                          gambar 1 b

Hampir semua jenis unggas termasuk ayam dan kalkun rentan terhadap penyakit ini. Cacar unggas dapat di temukan pula pada beberapa jenis burung yang lain seperti puyuh, merpati dan itik. Penyakit pertama kali dilaporkan oleh Marks dan Sticker padatahun 1902.
2.Penularan
Penularan penyakit ini dapat terjadi Melalui udara, gigitan nyamuk yang terinfeksi atau mungkin tertelang nya keropeng penderita penyakit yang terkelupas.
Apabila terjadi pencemaran udara di kandang ayam,virus akan memasuki aliran darah melalui luka pada kulit dan setela hitu cacar unggas akan timbul. 
Walaupun penyakit terjadi secara lambat dan lama, namun dapat juga tersebar secara luas, akut dan hebat terutama bila penyebaran nyamelalui udara.
3.GejalahKlinis
Gejalah-gejalah pada unggas yang terserang oleh penyaki tini dapat terjada dalam tiga bentuk atau kombinasi dari ketiga bentuk,yaitu :
v  Lesikulitdidaerahkepala,ditempatrtakberbuluseperti kaki danpantat,
v  Lesidifteritikdidaerahmulutdan
v  Lesilubanghidung.
Gejalah-gejalah ini berlangsung antara umur ayam 3-4 minggu, bila terdapat komplikasi dapat berlansung lebih lama.
       Luka pada kulit akan terlihat seperti kutil didaerah kulit tanpabulu,kepala,kaki,pantat dan lain-lain.
Benjolankulit yang pertama terjadi di bagian gigitann yamuk. Lesi kecil yang berdekatan dengan bergabung menjadi lebih besar. ayam yang menjadi terganggu pertumbuhannya, dan kurus. Bilah terjadi padaayam yang sedang bertelur produksinya akan turun dan daya tetasn yapunmenurun. Angka kesakitan bervariasi antara beberapa ekor ayam sampai hamper  seluruh kelompok menjadi terserang.
4.PerubahanPascamati
Lesi kulit dengan bentukan kutil dan benjol kecil berwarna putih yang secara cepat membesar dan menjadi kekuning-kuningan, atau kelabu gelap. Setelah beberapa minggu menjadi meradang dan mendarah.
Pada bentuk difteritik lesi bersifat menonjol keatas dari permukaan selaput lender mulut dan kerongkongan. Luka membesar menjadi kekuning-kuningan,nokrotikdandifteritik. Peradangan dapat menjalar kemata dan kerongkongan.
5.Diagnosis
Diagnosis atas penampilan secara klinis dan sifat penyebarannya. Diagnosis lebih pasti dapat dilakukan dengan pengiriman potongan bagian tubuh yang terserang seperti jengger, pial, kulit atau selaput lendir keLaboratorium. Penyidikan Penyakit Hewan dan diawetkan dalam formalin 10%.Sebagian dari jaringan dapat dikirim dalam keadaan segar dingin untuk pengasingan virus.
6.Pencegahan Dan Pengobatan
Vaksinasi dengan virus cacar unggas hidup dapat menghentikan kejadian wabah. Pengobatan secara individu dapat pul dilakukan dengan mengolesi yodium pada luka cacar yang terjadi baik untuk tipe kulit maupun yang diftertik.
7.Penyebab
Penyakitcacarunggasinidisebabkanoleh virus
8.Kesimpulan
Cacar unggas atau  fowl pox adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menyerang jenis unggas dari segalah umur terutama ayam dan kalkun. Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui udara dan gigi tannya muk. Gejalah-gejalah pada unggas yang terserang oleh penyakit ini dapat terjadi dalam tiga bentuk kombinasi, yaitu: lesi kulit didaerah kepala, lesi difteritik di daerah mulut, dan lesi dilubang hidung. Pengobati dengan cara mengolesi yodium padaluka yang kena penyakit cacar unggas.
Cendrawasi.jpg


by john pigay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar